Maulana Malek Ibrahim ( Sunan Gresek ) dan Syekh Maulana Ishak (Sunan Giri)
1. SYEKH MAULANA ISHAK (Sunan Giri)
Diawal abad 14 M. Kerajaan Blambangan diperintah oleh Prabu Menak Sembuyu, salah seorang keturunan Prabu Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit. Raja dan rakyatnya memeluk agama Hindu dan ada sebagian yang Memeluk agama Budha.
Pada suatu had Prabu Menak Sembuyu gelisah, demikian pula permaisurinya, pasalnya putri mereka satu-satunya telah jatuh sakit selama beberapa bulan. Sudah diusahakan mendatangkan tabib dan dukun untuk mengobati tapi sang putri belum sembuh juga.
Memang pada waktu itu kerajaan Blambangan sedang dilanda pegebluk atau wabah penyakit. Banyak sudah korban berjatuhan. Menurut gambaran babad Tanah Jawa esok sakit sorenya mati. Seluruh penduduk sangat prihatin, berduka cita, dan hampir semua kegiatan sehari-hari menjadi macet total,
Aras saran permaisuri Prabu Meunak Sembuyu kemudian mengadakan sayembara, siapa yang dapat menyembuhkan putrinya akan diambil menantu dan siapa yang dapat mengusir wabah penyakit di Blambangan akan diangkat sebagai Bupati atau Raja Muda.
Sayembara disebar dihampir pelosok negeri. Sehari, dua hari, seminggu bahkan berbulan-bulan kemudian tak ada seorangpun yang menyatakan kesanggupannya untuk mengikuti sayembara 'itu.
Permaisuri makin sedih hatinya. Prabu Menak Sembuyu berusaha menghibur isterinja dengan menugaskan Patih Bajul Sengara untuk mencari pertapa sakti guna mengobati penyakit putrinya,
Diiringi beberapa prajurit pilihan, Patih Bajul Sengara berangkat melaksanakan tugasnya. Para pertapa bisanya tinggal di puncak atau lereng-lemng gunung, maka kesanalah Patih Bajul Sengara mengajak pengikutnya mencari orang-orang sakti, Patih Bajul Sengara akhirnya bertemu dengan Raja Kandaya yang mengetahui adanya seorang tokoh sakti dari negeri seberang. Orang yang dimaksud adalah Syekh Maulana lshak yang sedang berdakwah secara sembunyi-sembunyi di negeri Blambangan.
Patih Bajul sengara dapat bertemu dengan. Syekh Maulana lshak yang sedang bertafakkur di sebuah goa. Setelah terjadi negoisasi bahwa Raja dan Rakyat Blambangan mau diajak memeluk agama Islam maka
Syekh Maulana Ishak bersedia datang ke istana Blambangan. la memang piawai dibidang ilmu ketabiban, putri Dewi Sekardadu sembuh setelah diobati Pagebluk juga lenyap dari wilayah Blambangan. Sesuai janji Raja maka Sekh Maulana Ishak dikawinkan dengan Dewi Sekardadu. Diberi kedudukan sebagai Adipati untuk menguasai sebagian wilayah Blambangan.
2. HASUTAN SANG PATIH.
Tujuh bulan sudah Syekh Maulana Ishak menjadi Adipati baru diBlambangan. Makin hari semakin bertambah banyak saja penduduk Blambangan yang masuk agama Islam. Sementara Patih Bajul Sengara tak henti-hentinya mempengaruhi sang Prabu dengan hasutan-hasutan jahatnya. Hati Prabu Menak Sembuyu jadi panas mengetahui hal ini.
Patih Bajul Sengara sendiri tanpa sepengetahuan sang Prabu sudah mengadakan teror pada pengikut Syakh Maulana Ishak. Tidak sedikit penduduk Kadipaten yang dipimpin Syekh Maulana Ishak diculik, disiksa dan dipaksa kembali kepada agama lama, Walaupun kegiatan itu dilakukan secara rahasia dan sembunyi-sembunyi pada akhirnya Syekh Maulana Ishak mengetahui juga.
Pada saat itu Dewi Sekardadu sedang hamil tujuh bulan. Syekh Maulana Ishak sadar, bila hal itu diteruskan akan terjadi pertumpahan darah yang seharusnya tidak perlu, Kasihan rakyat jelata yang harus menanggung akibatnya. Maka dia segera berpamitan kepada isterinya untuk pergi meninggalkan Blambangan. ·
Demikianlah, pada tengah malam, dengan hati berat karena harus meninggalkan isteri yang hamil tujuh bulan, Syekh Maulana Ishak berangkat meninggalkan Blambangan seorang diri. Besok harinya sepasukan besar prajurit Blambangan yang dipimpin Patih Bajul Sengara menerobos masuk wilayah Kadipaten yang sudah ditinggalkan Syekh Maulana lshak,Tentu saja Patih kecewe, walau seluruh isi istana di obrak-abrik dia tidak menemukan Syakh Maulana Ishak yang sangat dibencinya.
Dua bulan kemudian dari rahim Dewi Sekardadu lahir bayi laki-laki yang elok rupanya.' Sesungguhnya Prabu Menak Sembuyu dan permaisurinya merasa senang dan bahagia melihat kehadiran cucunya yang montok dan rupawan itu. Bayi itu lain daripada yang lain, wajahnya mengeluarkan cahaya terang.
Lain halnya dengan Patih Bajul Sengara. Dibiarkannya bayi itu limpahan kasih sayang keluarga istana selama empat puluh hari.mendapat Sesudah itu dia menghasut Prabu Menak Sembuyu. Kebetulan pada saat itu wabah penyakit berjangkit lagi di Blambangan. Maka Patih Bajul Sengara bikin ulah lagi:
"Bayi itu ! Benar gusti Prabu ! Cepat atau lambat bayi itu akan menjadi bencana di kemudian hari. Wabah penyakit inipun menurut dukun-dukun terkenal di Blambangan ini disebabkan adanya hawa panas yang memancar dari jiwa bayi itu !" kilah Patih Bajul Sengara dengan alasan yang dibuat-buat.,Sang Prabu tidak cepat mengambil keputusan, dikarenakan dalam hanya dia terlanjur menyukai kehadiran cucunya itu, namun sang Patih tiada bosan-bosannya menteror dengan hasutan dan tuduhan keji akhirnya Sang Prabu terpengaruh juga.
Walau demikian tiada tega juga dia memerintahkan pembunuhan atas cucunya itu sec. ara langsung, Bayi yang masih berusia empat puluh hari dimasukkan ke dalam peti dan diperintahkan untuk dibuang ke samodra,
3. JOKO SAMODPA.
Pada suatu malam ada sebuah perahu dagang dari Gresik melintasi Selat Bali. Ketika perahu itu berada ditengah-tangah Selat Bali tiba-tiba terjadi keanehan, perahu itu tidak dapat bergerak, maju tak bisa mundurpun tak bisa.
Nahkoda memerintahkan awak kapal untuk memeriksa sebab-sebab kemacetan itu, mungkinkah perahunya membentur batu 'karang. Setelah diperiksa ternyata perahu 'itu hanya menabrak sebuah peti berukir indah, seperti peri milik kaum bangsawan yang digunakan menyimpan barang berharga. Nahkoda memerintahkan mengambil,peti itu.
Diatas perahu peti itu dibuka, semua orang terkejut karena didalamnya terdapat seorang bayi mungil yang bertubuh montok dan rupawan. Nahkoda merasa gembira dapat menyelamatkan jiwa si bayi mungil itu, tapi juga mengutuk orang yang tega membuang bayi itu ke tengah~lautan, sungguh orang yang tidak berperi kemanusiaan.
Nahkoda kemudian memerintahkan awak kapal untuk melanjutkan pelayaran ke pulau Bali. Tapi perahu tidak dapat bergerak maju. Ketika perahu diputar dan diarahkan ke Gresik ternyata perahu itu melaju dengan pesatnya.
Di hadapan Nyai Ageng Pinatih janda kaya pemilik kapal Nahkoda berkata sambil membuka peti itu. "Peti inilah yang menyebabkan kami kembali dalam waktu secepat ini. Kami tak dapat meneruskan pelayaran ke pulau Bali," kata sang Nahkoda.
"Bayi ......? Bayi siapa ini'?" gumam Nyai Ageng Pinatih sembari mengangkat bayi itu dari dalam peti. "Kami menemukannya di tengah samodra Selat Bali, jawab Nahkoda kapal Bayi itu kemudian mereka serahkan kepada Nyai Ageng Pinafih untuk diambil sebagai anak angkat. Memang sudah lama dia menginginkan seorang anak. Karena bayi itu ditemukan di tengah samodra maka Nyai Ageng Pinatih kemudian memberinya nama Joko Samodra.
Ketika berumur 11 tahun, Nyai Ageng Pinatih mengantarkan Joko Samodra untuk berguru kepada Raden Rahmat atau Sunan Ampel di Surabaya. Menurut beberapa sumber mula pertama Joka Samodra sefiap hari pergi ke Surabaya dan sorenya kembali ke Gresik. Sunan Ampel kemudian menyarankan agar anak itu mondok saja di pesantren Ampeldenta supaya lebih konsentrasi dalam mempelajari agama Islam.
Pada suatu malam, seperti biasa Raden Rahmat hendak mengambil air wudhu guna melaksankan shalat tahajjud, mendo'akan murid-muridnya dan mencto'akan umsnat agar selamat di dunia dan akhirat. Sebelum berwudhu Raden Ra~mat menyempatkan diri melihat-lihat para santri yang tidur di asrama.
Tiba-tiba Raden Rahmat terkejut. Ada sinar terang memancar dari salah seorang santrinya. Selama beberapa saat beliau tertegur, sinar terang itu menyilaukan mata, untuk mengetahui siapakah murid yang wajahnya bersinar itu maka Sunan Ampel memberi ikatan pada sarung murid itu.
Esok harinya, sesudah salat subuh. Sunan Ampel memanggil murid-muridnya itu.
"Siapa di antara kalian yang waktu bangun tidur kain sarungnya ada ikatan ?" tanya Sunan Ampel., Saya Kanjeng Sunan ......acung Joko Samodra.
Melihat yang mengacurigkan tangan Joko Samodra, Sunan Ampel makin? yakin bahwa anak itu pastilah bukan, anak sembarangan. Kebetulan pada saat itu Nyai Ageng Pinatih datang untuk menengok Joko Samodra, kesempatan itu digunakan Sunan Ampel untuk bertanya lebih jauh tentang asal-usul Joko Samodra.
Nyai Ageng Pinatih menjawab sejujur-jujurnya. Bahwa Joico Samodra ' di temukan di tengah selat Bali ketika masih bayi. Peti yang digunakan untuk membuang bayi itu hingga sekarang masih terslmpan rapi di rumah Nyai Ageng Pinatih.
Teringat pada pesan Syekh Maulana Ishak sebelum berangkat ke negeri Pasai maka Sunan Ampe] kemudian mengusutkan pada Nyai Ageng Pinatih agar nama anak itu diganti dengan ramSa Raden Paku. Nyai Ageng Pinatih menurut saja apa kata Sunan Ampel, dia percaya penuh kepada Wali besar yang sangat dihormati masyarakat bahkan juga masih terhitung seorang Pangeran Majapahit itu:
4. RADEN PAKU.
Sewaktu mondok di pesantren Ampeldenta, Raden Paku sangat' akrab bersahabat dengan putra Raden Rahmat yang bernama Raden Makdum Ibrahim. Keduanya bagai saudara kandung saja, saling menyayangi dan saling mengingatkan, Setelah berusia 16 tahun, kedua pemuda itu dianjurkan untuk menimba ilmu pengetahuan yang lebih tinggi diNegeri Seberang sambil meluaskan pengalaman,
. "Di Negeri Pasai banyak orang pandai dari berbagai negeri. Di sana juga 'ada ulama besar yang bergelar Syekh awwallul Islam'. Dialah ayah kandungmu yang nama aslinya adalah Syekh Maulana Ishak. Pergilah ke sana tuntutlah ilmunya yang tinggi dan teladanilah kesabarannya dalam mengasuh para santri dan berjuang menyebarkan agama Islam. Hal itu akan berguna kelak bagi kehidupanmu di masa yang akan datang",
Pesan itu dilakukan oleh Raden Paku dan Raden Makdum Ibrahim.
Dan begitu sampai di negeri Pasai keduanya disambut gembira, penuh rasa haru dan bahagia oleh Syekh Maulana lshak ayah kandung Raden Paku yang 'tak pernah melihat anaknya sejak bayi.
Raden Paku menceritakan nwayat hidupnya sejak masih kecil ditemukan di tengah samodra dan kemudian diambil anak angkat oleh Nyai Ageng Pinatih dan berguru kepada Sunan Ampel di Surabaya.
Sebaliknya "Syekh Maulana Ishak kemudian mericeritakan pengalamannya di saat berdakwah di Blambangan sehingga terpaksa harus meninggalkan !stri yang sangat dicintainya. Raden Paku menangi sesengguhkan mendengar kisah itu. Bukan menangisi kemalangan dirinya yang telah disia-siakan kakeknya yaitu Prabu Menak Sembuyu tetapi memikirkan nasib ibunya yang tak diketahui lagi tempatnya berada. Apakah ibunya masih hidup atau sudah meninggal dunia.
Di negeri Pasai banyak ulama' besar dan negara asing yang menetap dan membuka pelajaran agama Islam kepada penduduk setempat. Hal ini lidak disia-siakan oleh 'Raden Paku dan Maulana Makdum Ibrahim. Kedua
pemuda itu belajar agama dengan tekun, baik kepada Syekh Maulana Ishak sendiri maupun kepada guru-guru agama !ainnya.
Ada yang beranggapan bahwa Raden Paku dikaruniai ilmu laduni yaitu ilmu yang langsung berasal dari Tuhan, sehinnga kecerdasan otaknya seolah tiada bandingnya. Disamping belajar ilmu Tauhid mereka juga mempelajari ilmu Tasawwuf dari ulama Iran, Bagdad dan Gujarat yang' banyak menetap di negeri Pasai.
Ilmu yang dipelajari itu berpengaruh dan menjiwai kehidupan Raden paku dalam prilakunya sehari-hari sehingga kentara benar bila ia mempunyai ilmu tingkat tinggi, ilmu yang sebenamya hanya pantas dimiliki ulama yang beru~ia lanjut dan'berpengalaman. Gurunya kemudian memberinya gelax Syekh Maulana A'inul Yaqin.
Setelah tiga tahun berada di Pasai, dan masa belajar itu sudah dianggap cukup oleh Syekh Maulana Ishak, kedffa pemuda itu diperintahkan kembali ke Tanah Jawa. Oleh ayahnya, Raden Paku diberi sebuah bungkusan kain putih berisi tanah.
"Kelak, bila tiba masanya dirikanlah Pesantrendi Gresik, carilah tanah yang-sama betul dengan tanah dalam bungkusan ini disitulah kau membangun Pesantren," demikian pesan ayahnya.
Kedua pemuda itu kemudian kembali ke Surabaya. Melaporkan segala pengalamannya kepada Sunan Ampel. Sunan Ampel memerintah Makdum.lbrahim berdakwah di daerah Tuban. Sedang Raden Paku diperintah pulang ke Gresik kembali ibu angkatnya yaitu Nyai Ageng Pinatih.
5. MEMBERSIHKAN DIRI.
Pada usia 23 tahun, Raden Paku diperintah oleh ibunya untuk mengawal barang dagangan ke Pulau Banjar atau kalimantan. Tugas ini diteftmanya dengan senang hati.
Nahkoda kapal diserahkan kepada pelaut kawakan yaitu Abu Hurairah. Walau pucuk pimpinan berada di tangan Abu Hurairah tapi Nyai Ageng Pinatih memberi kuasa pula kepada Raden Paku untuk ikut memasarkan dagangan di Pulau Banjar.
Tiga buah kapal berangkat meninggalkan pelabuhan Gresik dengan penuh muatan. Biasanya, sesudah dagangan itu terjual habis di Pulau Banjar maka Abu Hurairah diperintah membawa barang dagangan dari Pulau Banjar yang sekiranya laku di Pulau jawa, seperti rotan, damar emas.dan lain-lain. Dengan demikian keuntungan yang diperoleh menjadi berlipat ganda; Tapi kali ini tidak, sesudah kapal merapat dipelabuhan Banjar, Raden Paku membagi-bagikan barang dagangan dari Gresik itu secara gratis kepada penduduk setempat.
Tentu saja hal ini membuat Abu Hurairah menjadi cemas. Dia segera memprotes tindakan Raden paku "Raden .........kita pasti akan mendapat murka Nyai Ageng Pinatih. Mengapa barang dagangan kita dibedkan secara cuma-cuma ?".
'Jangan kuatir Paman, "kata Raden Paku. "Tindakan saya ini sudah tepat. Penducluk Banjar pada saat ini sedang dilanda musibah. Mereka dilanda kekeringan dan kurang pangan, sedangkan ibu sudah terlalu banyak mengambil keuntungan daft mereka. Sudahkah ibu memberikan hartanya dengan membayar zakat kepada mereka ?. Saya kira belum, nah sekaranglah saatnya ibu mengeluarkan zakat untuk membersihkan diri".
"Itu diluar wewenang saya Raden, 'Kata Abu Hurairah. 'Jika .kita tidak memperoleh uang 'lalu dengan apa kita mengisi perahu supaya tidak boleh dihantam ombak dan badai?',
Raden Paku terdiam beberapa saat. Dia sudah maklum bila dagangan habis biasanya Abu Hurairah akan mengisi kapal atau perahu dengan barang dagangan dari, Kalimantan. Tapi sekarang 'tak ada uang dengan apa dagangan Pulau Banja'r alcan dibeli.
"Paman tak.usah risau,!'kata Raden Paku dengan tenangnya "Supaya kapal tidak oleng isilah karung-karung kita dengan batu dan pasir", Memang benar, mereka dapat berlayar hingga di pantai Gresik dalam keadaan selamat. Tapi hati Abu Hurairah menjadi kebat-kebit sewaktu berjalan meninggalkan kapal untuk menghadap Nyai Ageng Pinatih.
Dugaan Abu Hurairah memang tepat. Nyai Ageng Pinatih terbakar amarahnya ketika mendengar perbuatan Raden Paku yang dianggap tidak normal itu.
"Sebaiknya ibu lihat dahulu !" pinta Raden Paku. "Sudah, jangan banyak bicara, buang saja pasir dan batu itu. Hanya mengotori karung-karung kita saja !" hardik Nyai Ageng Pinatih. Tapi ketika awak kapal membuka karung-karung itu, mereka terkejut. Karung-karung itu isinya berubah menjadi, barang-barang dagangan yang biasa mereka bawa dari Banjar, seperti rotan, damar, kain dan emas serta intan. Bila ditaksir harganya jauh lebih besar ketimbang barang dagangan yang disedekahkan kepada penduduk Banjar.
6. PERKAWINAN RADEN PAKU.
Al-kisah, ada seorang bangsawan Majapahit bernama Ki Ageng Supa Bungkul. la mempunyai sebuah pohon yang aneh di clepan pekarangan rumahnya. Setiap kali ada orang hendak mengambil buah delima yang berbuah satu itu pasti mengalami nasib celaka, kalau tidak ditimpa penyakit berat tentulah orang tersebut meninggal dunia. Suatu ketika Raden Paku tanpa disengaja lewat di depan pekarangan Ki Ageng Bungkul. Begitu dia berjalan di bawah pohon delima tiba-tiba buah pohon itu jatuh mengenahi kepala Raden Paku.
Ki Ageng Bungkul' tiba-tiba muncul mencegat Raden Paku, dan ia berkata, "Kau harus kawin dengan putriku, Dewi 'Wardah". Memang, Ki Ageng Bungkul telah mengadakan sayembara, siapa saja yang dapat memetik buah delima itu dengan selarnat maka ia akan dijodohkan dengan putrinya yang bernama Dewi Wardah. Raden Paku bingung menghadapi hal itu. Maka peristiwa itu disampaikan kepada Sunan Ampel.
."Tak usah bingung, Ki Ageng Bungkul itu seorang muslim yang baik. Aku yakin Dewi Wardah juga seorang muslimah yang baik. Karena hal itu sudah menjacli niat Ki geng Bungkul kuharap kau tidak mengecewakan niat baiknya itu," demikian kata Sunan Ampel.
"Tapi ...... bukankah saya hendak menikah dengan putri Kanjeng Sunan yaitu dengan Dewi Murtasiah?" ujar Raden Paku.
"Tidak mengapa ?" kata Sunan Ampel. "Sesudah melangsungkan akad nikah dengan Dewi Murtasiah selanjutnya kau akan melangsungkan perkaWinanmu dengan Dewi Wardah".
Itulah liku-likuperjalanan hidup Raden Paku Dalam sehari la menikah dua kali. Menjadi menafitu Sunan Ampel, kemudian menjadi menantu Ki Ageng Bungkul seorang bangsawan Majapahii yang hingga sekarang makarnnya terawat baik di Surabaya.
Sesudah berumah tangga, Raden Paku makin giat berdagang dan berlayar antar pulau. Sambil berlayar itu pula beliau menyiarkan agama Islam pada penduduk setempat sehingga namanya cukup terkenal di kepulauan Nusantara.
Lama-lama kegiatan dagang tersebut tidak memuaskan hatinya, la ingin berkonsentrasi menyiarkan agama Islam dengan mendiftkan pondok perdagangan.Pesantren' lapun minta izin kepada ibunya untuk meninggalkan dunia Nyai Ageng Pinatih yang kaya raya itu tidak keberatan. Andaikata hartanya yang banyak itu dimakan setiap hari dengan anak dan menantunya rasanya tiada akan habis, terlebih Juragan Abu Hurairah orang kepercayaan Nyai Ageng pinatih menyatakan kesanggupannya untuk mengurus seluruh kegiatan perdagangan miliknya, ,maka wanita itu ikhlas melepaskan Raden paku yang hendak mendirikan pesantren.
Mulailah Raden paku bertafakkur di goa yang sunyi, 40 hari 40 malam beliau tidak keluar goa, hanya bermunajat kepada Allah. Tempat Raden Paku bertafakkur itu hingga sekarang masih ada yaitu desa Kembangan dan Kebomas.
Usai bertafakkur teringafiah Raden Paku pada pesan ayahnya sewaktu belajar cli Negeri Pasai Diapun berjalan berkeliling untuk mencaft daerah yang tanahnya mirip dengan tanah yang dibawah daft Negeri Pasai.
Melalui desa Margonoto, sampailah Raden Paku di daerah perbukitan yang hawanya sejuk, hatinya terasa damai, iapun mencocokkan tanah yang dibawanya dengan tanah di tempat itu. Ternyata cocok sekali. Maka di desa Sidomukti itulah ia kemuclian mendirikan~pesantren. Karena tempat itu adalah clataran tin,ii atau gunung maka clinamakanlah Pesantren Giri
Giri dalam bahasa sansekerta artinya gunung.
Aras dukungan'istri-istri dan ibunya juga dukun~n spiritual dari Sunan Ampel, tidak begitu lama, hanya dalam waktu tiga tahun Pesantren Giri sudah terkenal ke seluruh Nusantara.
Menurut Dr. 171J. De Graaf, sesudah pulang dari pengembaraannya atau berguru ke Negeri Pasai, ia memperkenalkan diri kepada dunia,kemudian berkedudukan di atas bukit di Gresik, dan ia menjadi orang! pertama yang paling terkenal daft Sunan-sunan Girl yang ada. Di atas gunung tersebut seharusnya ada istana karena dikalangan rakyat dibicarakan adanya Girl Kedaton (Kerajaan Giri). Murid-murid Sunan Giri berdatangan dari segala penjuru, seperti Maluku, Madura, Lombok, Makasar, Hitu dan Ternate. Demikian menurut De Graaf.
Menurut Babad Tanah jawa murid-murid Sunan Giri itu justru bertebaran hampir di seluruh penjuru benua besar, seperti Eropa (Rum), Arab, Mesir, Cina dan lain-lain. Semua itu adalah penggambaran nama Sunan Giri sebagai ulama besar yang sangat dihormati orang pada jamannya.
Disamping pesantrennya yang besar ia juga membangun masjid sebagai pusat ibadah dan pembentukan iman ummatnya. Untuk para santri yang datang dali jauh beliau juga membangun asrama yang luas.
Disekitar bukit tersebut sebenarnya dahulu jarang dihuni oleh penduduk dikarenakan sulitnya mendapatkan air. Tetapi dengan adanya Sunan Giri masalah air itu dapat diatasi. Cara Sunan Giri membuat sumur' atau sumber air itu sangat aneh dan gaib hanya beliau seorang yang mampu .melakukannya.
7, PERESMIAN MASJID DEMAK.
Dalam peresmian Masjid Demak, Sunan Kalijaga mengusulkan agar dibuka dengan pertunjukan wayang kulit yang pada waktu itu bentuknya masih wayang beber yaitu gambar manusia yang dibeber pada sebuah kulit binatang.
Usul Sunan Kalijaga ditolak oleh Sunan Gift, 'karena wayang yang brrgambar manusia itu haram hukumnya dalam ajaran Islam, demikian menurut Sunan Giri.
Jika Sunan Kalijaga mengusulkan peresmian Masjid Demak itu dengan membuka pagelaran wayang kulit, kemudian diadakan dakwah,dan rakyat berkumpul boleh masuk setelah mengucapkan syahadat, maka 'Sunan Giri mengusulkan agar masjid Demak diresmikan pada saat bahi Juma'at sembari melakunakan shalat jamaah Jumaat.
Sunan Kalijaga yang berjiwa besar kemudian mengadakan kompromi dengan Sunan Giri, Sebelumnya Sunan Kalijaga telah merubah bentuk wayang kulit sehingga gambarannya tidakbisa disebut sebagai gambar manusia lagi, lebih mirip karikatur seperti bentuk wayang yang ada sekarang ini.
Sunan Kalijaga membawa wayang kreasinya itu di hadapan sidang para wall Karena tak bisa disebut sebagai gambar manusia malta akhirnya Sunan Gift menyetujui wayang kulit itu cligunakan sebagai media dakwah.
Perubahan bentuk wayang kulit itu adalah dikarenakan sanggahan Sunan Gift, karena itu. Sunan Kalijaga memberi tanda khusus pada momentum penting itu. Pemimpin para dewa dalam pewayangan oleh Sunan Kalijaga dinamakan Sang Hyang Girinata, yang arti sebenarnya adalah Sunan Giri yang menata.
Maka perdebatan tentang peresmian Masjid Demak bisa diatasi. Perazmian itu akan diawali dengan shalat Juma'at, kemudian diteruskan dengan pertunjukan wayang kulit yang dimainkan oleh ki Dalang Sunan Kalijaga.
8. JASA JASA SUNAN GIRl
Jasanya yang terbazar tentu saja perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa bahkan ke Nusantara, balk dilakukanya sendiri sewaktu masih muda sambil berdagang ataupun melalui murid-muridnya yang ditugaskan ke luar pulau.
Beliau pernah menjadi hakim dalam perkara pengadilan Syekh Siti Jenar, seorang wali yang dianggap murtad karena menyebarkan faham Pantheisme dan meremehkan syariat Islam yang disebarkan para Wali lainya, Dengan demikian Sunan Giri ikut menghambat tersebarnya aliran yang bertentangan dengan faham Ahlussunnah Wal jama'ah.
Keteguhannya dalam menyiarkan agama Islam secara murni dan konsekwen membawa dampak positif bagi generasi Islam berikutnya. Islam yang disiarkannya adalah Islam sasuai ajaran Nabi, tanpa dicampuri kepercayaan atau adat istiadat lama.
Di bidang kasenian beliau juga berjoza bazar, karena beliaulah yang pertama kali menciptakan Asmaradana dan Pucung, beliau pula yang menciptakan tembang dan tembang dolanan anak-anak yang bernafas Islam antara lain; Jamuran, Cubtak-cublak Suweng, jithungan dan delikan.
Diantara permainan anak-anak yang diciptanya ialah sebagai berikut: Diantara anak-anak yang bermain ada yang menjadi pemburu, dan yang lainnya menjadi obyek buruan. Mereka akan selamat dari kejaran pemburu bila telah berpegang pada tonggak atau batang pohon yang telah ditentukan lebih dulu. Inilah permainan yang disebut Jelungan. Arti permainan tersebut adalah seseorang yang sudah berpegang teguh kepada agama Islam Tauhid maka ia akan selamat dari ajakan setan atau iblis yang dilambangkan sebagai pemburu.
Sembari melakukan permainan yang clisebut jelungan itu biasanya anak-anak akan menyanyikan lagu Padhang Bulan:
Padhang-padhang bulan, ayo gage dha dolanan,
dolanane na ing latar,
ngalap padhang gilar-gilar,
nundhung begogo hangetikar'.
(malam terang bulan, marilah lekas bermain, bermain di halaman, mengambil di halaman, mengambil manfaat benderangnya rembulan, mengusir gelap yang lari terbirit-birit.) Maksud laflu dolanan tersebut ialah:
Agama Islam tetah datang, maka marilah kita segera menuntut
Penghidupan, di muka~bumi ini, untuk mengambil manfaat daft agama Islam, agar hilang lenyaplah kebodohan dan kesesatan.
Lir-Ilir (Song)
Lir-Ilir, Lir-IlirTandure wis sumilir
Tak Ijo Royo-royo
Tak sengguh kemanten anyar
Bocah angon, Bocah angon
Penekno belimbing kuwi
Lunyu-lunyu penekno
Kanggo mbasuh dhodo diro
Dhodo tito, Dhodo tiro
Kumitir bedah ing pinggir
Dondomono jlumatono
Kanggo sebo mengko sore
Mumpung padhang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Surak-surako, o......
Surak, Horee.....
9. PARA PENGGANTi SUNAN GIRl.
Sunan Giri atau Raden Paku lahir pada tahun 1442,
memerintahaan Girl selama kurang lebih dua puluh tahun. Mulai tahun 1487 hingga tahun 1506 Sewaktu memerintah Giri Kedaton beliau bergelar Prabu,Satmata.
Pengaruh Sunan Giri ini sangat besar terhadap kerajaan-kerajaan Islam di Jawa maupun di luar Jawa. Sebagai bukfi adalah adanya kebiasaan bahwa apabila seorang hendak dinobatkan menjadi raja haruslah memerlukan pengesahan dari Sunan Giri.
Giri Kedaton atau Kerajaan Gift berlangsung selama hampir 200
tahun Sesudah Sunan Girl yang pertama meninggal dunia beliau digantikan anak.keturunannya yaitu:
1. Sunan Dalem.
2. Sunan Sedomargi.
3. Sunan Giri Prapen.
4. Sunan Kawis Guwa.
5. Panembahan Ageng Giri.
6. Panembahan Mas Witana Sideng Rana.
7. Pangeran Singonegoro (bukan keturunan Sunan Giri)
8. Pangeran Singosari
Pangeran Singosari ini beijuang gigih mempertahankan diri dari serbuan Sunan Amangkurat Il yang dibantu oleh VOC dan Kapten Jonker.
Serbuan ke Giri itu adalah dalam rangka penumpasan pemberontakan yang dilakukan oleh Trunojoyo seorang murid dari Pesantren Giri yang pemah menjungkir balikkan Kraton Surakarta dan bahkan pernah menjadi Raja di Kediri.
Pemberontakan Trunojoyo itu dilakukan karena tindakan sewenang-pernah menumpas dan'membunuh wenang dan Sunan Amangkurat I yang ketidak puasan
6000 ulama' Ahlussunnah yang dituduh menyebarkan isu
rakyat terhadap raja. Padahal itu hanya fitnah dad para pengikut faham Manunggaling Kawula Gusti, faham yang diajarkan oleh Syekh Siti Jenar yang ditentang Walisongo.
No comments:
Post a Comment